Senin, 24 Januari 2011

best animated music video ever

OBLATION

best animated music video ever

Setelah menerbitkan posting pada segmen oracle yang berjudul “Best Animated Movie of All Time”, saya berpikir untuk membuat posting serupa. Best Animated Music Video Ever!

1. Keane                                   “Bedshaped”
I don’t care if I am not objectifying. Keane is my favorite. And I don’t know how the video follows the appetite of my delineation of animation. Maksudku adalah, animasi ini terlihat sangat Burtonite. Lihat setiap bangunan di video ini, tidak ada yang berdiri tegak lurus.
* Burtonite: Gaya pelukisan Tim Burton.

Best scene          :
·         When ‘the weirdo’ writes “Don’t laugh at me!”. It took so emotionally for me.
·         Pas dia melihat dari kaca jendela sebuah keluarga yang terlihat bahagia berkumpul untuk makan bersama. Semuanya terlihat tersenyum ramah kepadanya. Namun, dalam hitungan detik selanjutnya, kepala mereka berputar 360 derajat dan wajah mereka berubah menjadi…

 


2. Blur                                        “Coffe & TV”
Kupikir, kalaupun judul posting di atas adalah “Best Music Video Ever”, saya yakin banyak orang akan menaruh video ini juga pada posisi teratas. Ide ceritanya benar-benar gokil; sekotak susu yang menjalankan misinya hingga akhir hidupnya, ‘finding missing person’. Sebenarnya saya sangat berniat menempatkan video ini menempati jawara pertama, namun karena satu dan lain hal, niat tersebut saya urungkan. Video musik ini tidak full animated, menjadi salah satu alasannya.
Fyi, bukan hanya Blur yang terkenal karena video ini, tokoh protagonis (the vanilla milk) dalam video ini juga tak kalah tenar. Ia bahkan memiliki fan site tersendiri!

Best scene          :
·         When vanilla milk meets strawberry milk, and suddenly the strawberry one is trampled upon someone to death. It’s shocking me!!!
·         When vanilla lifted up to the sky (officially dead). Tragic (it is). But it’s not a sad ending actually. He finally lives forever after with the strawberry (in heaven).

 

3. Pearl Jam                             “Do the evolution”
Setelah melihat video ini, apakah Anda teringat sesuatu? Ya, benar sekali! Gaya penggambaran yang sama dengan Batman versi kartun. Secara, co-director-nya adalah orang yang sama.
The video explores themes such as evolution, the Holocaust, the Crusades, the Great Depression, pollution and nuclear armageddon. It was nominated for a Best Video Grammy in 1999.

Best scene          :
·         Perhatikan saat ada adegan seorang gadis kecil berlari bahagia mengitari padang rumput yang hijau. Terlihat sangat indah, sampai secara tidak sengaja ia menginjak sarang semut. Andai saja itu hanya sebuah sarang semut (bukan ranjau berantai), ledakan hebat itu tidak perlu terjadi.
·         Lihat adegan sebuah mesin yang memproduksi bayi-bayi dengan barcode di dahinya? Kenapa harus di dahi? Tidakkah itu menyeramkan? Aku bahkan melihat itu sebagai sebuah nubuatan.

 

4. Gorillaz                                 “19-2000”
Mengetahui bahwa gorillaz adalah band virtual pertama di dunia adalah sebuah prestasi menurutku. And, yes, they pretty much have to animate all of their videos.
Dalam video ini, jalan tol serupa dengan rollercoaster. Dasar animasi!
Best scene          :
·         “There’s a monkey in the jungle…” Yap! Benar-benar ada monyet ketika lirik lagu tadi dinyanyikan. Seekor monyet di dahan pohon yang tumbuh di tebing yang berada di bawah jalan tol yang belum tersambung. Entah darimana datangnya.
·         Masih belum menemukan darimana datangnya monyet di atas? Hahahaha! Pertanyaan selanjutnya lebih sulit, darimana datangnya rusa raksasa yang menghalangi perjalanan mereka di akhir cerita?

 


5. Radiohead                          “There, There”
Radiohead memiliki reputasi yang paling baik dalam menghasilkan video klip berkualitas yang diakui oleh semua orang untuk hampir semua hits-nya. Hanya sedikit dari musisi yang kuketahui (Jacko, Gwen Stefani, terakhir kita punya Gaga) yang memiliki kemampuan serupa. Dan kalau hampir semua musisi-musisi lain hanya memiliki satu video musik animasi, Radiohead tidak termasuk didalamnya. “There, There” bukanlah satu-satunya video musik animasi yang dihasilkan Radiohead.
Jalan ceritanya benar-benar tak bisa ditebak. Setelah mencuci mata melihat aktivitas humanis binatang-binatang penghuni hutan, Tom Yorke (vokalis) menemukan jas keren plus sepatunya. Bagaimana akhir ceritanya? Ia menjadi pohon!!! What the hell?!!

Best scene          :
·         Cat’s wedding ceremony! So sweet! Hahahaha!



6. Linkin Park                          “Breaking the Habit”
Betapa mengherankan ketika tidak ada seorangpun yang membuat posting sejenis ini yang menempatkan video ini dalam jajaran video musik animasi terbaik, paling tidak 20 besar. Whatever. However, Linkin Park sangat  beruntung. Sepanjang pengetahuanku, hanya LP satu-satunya band dimana salah satu personilnya bisa merangkap sebagai sutradara (yang saya maksudkan adalah Joe Hahn). Aku rasa sangat menyenangkan jika teman sepermainan sendiri yang membuat video klip kita; kemungkinan untuk menghasilkan video yang sesuai dengan harapan dan selera kita sangat besar.

Best scene          :
·         Pas Chester Bennington (vokalis) terangkat kembali ke atap gedung. Berhubung alur cerita dalam video ini adalah mundur, berarti sebelumnya, Bennington jatuh/ lompat dari atap gedung. Apa yang sebenarnya terjadi?





7. Mika                                      “Lollipop”
Tahukah Anda kenapa video ini sangat menarik? Karena Anda dapat mengetahi hampir seluruh lirik lagunya walaupun ini adalah kali pertama Anda mendengarkan lagunya. Tidak percaya? Why don’t you just prove it?

Best scene          :
·         When “the little girl” gets solo. Suaranya sangat lucu. Latar belakang awalnya gelap total, kemudian secara perlahan menjadi berwarna.




So, how’s the posting? Hope you enjoy it. Setelah melihat sangat banyak referensi video, saya menemukan fenomena menarik. Hampir semua band musik yang membuat video musik animasi menampilkan konsep video dengan nuansa dan cerita yang suram. Hal ini membuktikan, bahwa animasi tidak berarti hanya untuk konsumsi anak-anak.
Animasi adalah salah satu media visual. Media yang tak terbatas. Anda mampu meletakkan apa saja diatasnya.


Next oblation: Best Marching/ Parade Music Video


Tidak ada komentar:

Posting Komentar