Senin, 17 Januari 2011

best animated movie of all time

OBLATION

Semalam saya mengikuti sebuah kamp, dan sekitar pukul 8 malam kami berkumpul untuk menyaksikan sebuah film yang nantinya akan dikritisi. Seusai menonton dan mengupas tuntas film tersebut, peserta kamp diberi kebebasan karena tidak ada jadwal sesi setelah itu. Beberapa dari kami menyarankan untuk menonton film lagi. Karena ada beberapa judul yang tersedia, kami akhirnya terlibat dalam sebuah perdebatan. Saya menyarankan untuk menonton film "How to train your dragon" karena itu adalah salah satu pilihan terbaik dari beberapa judul yang ada.
Banyak dari peserta yang tidak mengetahui "How to train your dragon" itu film apa. Baru mengatakan kalau itu adalah film animasi, saya mendengar pernyataan-pernyataan yang mengganggu, seperti:

  • "Akh, film miki-miki!"Saya kurang tahu kenapa ada istilah "miki-miki". Kemungkinan besar berasal dari kata "Mickey". Apapun itu, artinya terdengar negatif.
  • "Kok kita nonton film anak-anak sih?"Fyi, film animasi tidak selamanya menjadi film yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak (walaupun kelihatannya demikian). Ada sangat banyak film animasi yang bukan merupakan konsumsi anak-anak. Justru kalau kita perhatikan, film-film animasi yang banyak beredar sekarang ditujukan untuk SEMUA UMUR. Itu menandakan bahwa film-film ini layak dinikmati oleh orang dewasa.
  •  "Gak bagus itu. Jangan film kartun lah!"Emosi mendengarnya.
    Ini menunjukkan betapa sempitnya pemikiran banyak orang dalam menilai sesuatu. Mereka membuat batasan-batasan keliru yang justru membodohi diri mereka. Film animasi tidak berarti film anak kecil dengan cerita yang konyol dan tidak masuk akal.

Cukup dengan pernyataan-pernyataan yang tidak membangun.
Posting kali ini bertujuan untuk menyadarkan semua orang yang masih memiliki pemahaman yang sempit tentang film animasi.

Saya membuat sebuah standar sendiri dalam memilih film-film animasi yang baik. Agar film-film ini tepat sasaran, saya membuat semacam rating, seberapa besar kelayakan film-film ini untuk ditonton oleh anak-anak dibawah umur 12 tahun. Hal ini untuk memandu para pembaca kalau-kalau mengajak anak atau adik kecilnya ketika menonton. Rating ini tidak mencerminkan kualitas film. Soal kualitas, (hehehe) tidak perlu diragukan.

Kelayakan untuk ditonton anak-anak (KDA) untuk 12 tahun ke bawah:
*                     : Anak-anak tidak perlu tonton. Materi film tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak. 
**                  : Kalaupun ditonton, ia tidak akan mengerti, walaupun dengan bimbingan orangtua.
                         Materi film kurang cocok untuk dikonsumsi anak-anak.
***             : Dapat ditonton, Bimbingan orangtua diperlukan.Tingkat  kesulitan cerita tinggi untuk anak-anak.
****              : Layak tonton, bimbingan orangtua diperlukan. Tingkat  kesulitan cerita sedang untuk anak-anak.
*****         : Wajib tonton untuk tumbuh kembang anak, bimbingan orangtua tetap diperlukan.


Kalau saya melihat posting-posting saya sebelumnya, saya sempat berpikir untuk membuat TOP 7. Tetapi itu bukanlah hal yang gampang. Menyesakkan malah. Jadi, saya membuatnya hingga peringkat empat belas. Kalau begini saya tidak akan dihadapkan kepada pilihan yang sangat sulit.
Okeh, baiklah. Mari kita mulai. Fim animasi terbaik dari peringkat pertama hingga peringkat empat belas.

Best Animated Movie All The Time


1.       Toy Story (1, 2, 3)
*****: Dijamin bukan hanya anak-anak Anda yang akan mencintainya, tetapi Anda juga.

2.       Wall- E
***1/2   : Mulai dari kecil kita harus mengajarkan anak-anak mengapa kita harus melestarikan bumi ini.

3.       Spirited Away
***     : Jika anak-anak Anda berubah menjadi binatang, kira-kira mereka akan menjadi apa? Pertanyaan yang sama saya ajukan untuk Anda.

4.       Finding Nemo
****   : Film keluarga yang tidak membosankan untuk ditonton berulang-ulang. I love you, Dad.

5.       How to Train Your Dragon
***     : Mungkin dapat diaplikasikan anak-anak Anda kepada peliharaan barunya.

6.       The Nightmare before Christmas
***     : Semoga Jack, Sally dan lainnya tidak menyeramkan untuk anak-anak Anda. Syukurlah tema film ini adalah Natal. Kalau tidak…

7.       A Scanner Darkly
*     : Bahkan orang dewasa pun akan sulit mengerti jalan cerita film yang diangkat dari novel karangan Phillip K. Dick ini, penulis yang telah banyak menghasilkan karya penggeger otak. Satu contoh, Minority Report.

8.       Up
****  : Mungkin akan lebih sempurna jika anak-anak Anda didampingi oleh kakek nenek mereka ketika menontonnya.

9.       Fantastic Mr. Fox
*1/2          : Ada sangat banyak adegan pencurian. Takutnya anak-anak Anda akan menirunya, seperti yang dilakukan anak-anak Mr. Fox.

10.   Ponyo
*****: Jangan heran jika anak-anak Anda akan mengatakan film ini masuk akal, sementara kita justru kebalikannya. Masuk akal atau tidak, siapapun akan takjub melihat keindahan film 2D ini.


11.   Beauty and The Beast
***** : Tercipta untuk menjadi film klasik. Jadikan film animasi terbaik ini sebagai warisan terindah buat cucu cicit Anda.

12.   Corps Bride
**       : Anak-anak Anda penakut? Hindari kisah kasih pemuda yang tidak sengaja menikah dengan mayat ini.

13.   Ice Age (1, 2, 3)
****  : Selain lucu dan memberikan nilai-nilai berharga, Anda juga bisa sekalian mengajari anak-anak Anda sejarah mengenai jaman es.

14.   Shrek (1, 2, 3, …)
****  : Katakan pada anak-anak Anda, kalau akan ada sangat banyak tokoh-tokoh dongeng sebelum tidur (yang mereka dengar setiap malam) yang akan bermunculan di film ini.




Selamat menonton semuanya. Buktikan kebenaran posting kali ini...
=)

2 komentar: